Kelebihan dan Kelemahan Thunder EN-125 (kupas tuntas)

Bercerita soal motor tentu tidak akan ada habisnya,apalagi kalau sudah ketemu sama kawan sejawat yang dibahas pasti ujung-ujung motor. Nah saat ini saya mau membahas sedikit soal motor seperjuangan saya yang selalu setia menemani saya siang malam ,panas hujan bahkan banjir sekalipun, hehehehe. Ya motor kesayangan ini adalaha Thunder EN-125, motor generasi ke-2 dari jenisnya ini saya dapatkan pada tahun 2007, hanya bermodalkan mesin 125cc banyak cibiran miring soal performa motor ini,yang motor banci lah, motor laki harga bebek lah,pokonya semua yg jelek ada di motor Thunder ini hehehhe. Tapi bagaimana lagi "live must be go on"  hehehe ya hidup harus terus berjalan, ditengah gempuran cibiran kawan2, saya ingin membuktikan jika semua ungkapan itu salah dan memang benar sampai hari ini saya masih setia memacu Thunder 125 ini untuk mencari nafkah, Awal membeli motor ini memang saya niatkan hanya untuk membantu motorisasi kebutuhan saya akan kendaraan yg lebih besar dari motor bebek dan irit tentunya dikarenakan ketika itu kantor saya berada dikawasan Sunda Kelapa, dengan jarak sekitar 80km pulang pergi dari cimanggis ke sunda kelapa akhirnya saya putuskan untuk membeli motor ini
                                          (foto dok. pribadi)
Ok kita mulai saja pengalaman pribadi memakai motor ini dari awal pembelian sampai saat ini (okt 2016):
Tahun pertama s/d kesembilan:
- Ditahun pertama mungkin sama dengan semua motor2 lainya part yang diganti hanya meliputi Oli dan kampas rem depan belakang (tergantung pemakaian dan jarak berkendara)
-Ditahun kedua Ban dan Gear set biasanya sudah minta ganti berikut pula bohlam lampu sudah ada yang putus
-Ditahun ketiga kelistrikan (aki) sudah mulai lemah dan demikian juga dengan spull, jadi sebaiknya ganti 2 part tersebut
-Ditahun keempat dan kelima balik lagi seperti tahun pertama dan kedua
-Ditahun keenam aki dan spull biasa kumat lagi dan minta ganti, usahakan ganti 2 part tersebut bersamaan karena menurut saya nyawa thunder ada di 2 part tersebut
-Ditahun ketujuh dan kedelapan  gear set dan ban minta ganti lagi, saya pribadi kisaran per 2tahun biasanya ganti ke2 part tersebut
-Ditahun kedelapan, lagi spull kumat  kena ganti baru  cuma ketolong sama kondisi aki yang masi bagus  kebetulan pakai aki Mot*ba** dry type. lumayan awet
-Ditahun kesembilan  pertama kalinya motor ini ganti keteng yang mengharuskan angkat blok mesin dikarenakan sudah banyak packing yang bocor dan harus diganti baru,demikian pula dengan dinamo stater yg sudah haus aranganya dan harus diganti baru, piston dan ring masi ori tidak diganti krn kata montir masi bagus..Alhamdulillah..
        
        Jadi setelah pemakaian selama sembilan tahun dengan jarak tempuh 80km selama 5 tahun dan 35km di 4 tahun kebelakang,saya bisa simpulkan kalau motor ini tidak bisa dianggap remeh dan dianggap cengeng oleh para pengendara lain, toh terbukti motor ini masi setia menemani saya sampai saat ini,so bagi pengguna Thunder jangan minder dengan motornya kalau kita pandai merawat dan apik bawa motornya pasti motor akan awet kok....

Salam Thunder..

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,,

Komentar

  1. Ane pake thunder juga bang cuma mau nanya aja . . .
    Emang klep thunder jelek ya bang?
    Terus untuk suara mesin agak kasar yah...
    Ane soalnya pengguna baru di new thunder 125.
    Tahun 2011...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor Thunder saya belum pernah ganti klep om, masi pakai yg bawaanya, klo suara kasar bisa jadi dari ketengnya om
      oh ya motor saya masih saya pakai kerja lo sampai saat ini,,,hihihihi

      Hapus
  2. Mulang Tiyuh. Yuk ke Umpu Kencana Waykanan. Jangan lupa tonton video dan klik tombol SUBSCRIBE untuk wisata Waykanan biar lebih dikenal.
    https://youtu.be/kARSmxQU-xE

    BalasHapus
  3. bensinnya irit gak thunder mas?..1 liter brp km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Irit bangett,tergantung pemakaian,kalau lu sedot bensinya ya boros lah

      Hapus
    2. hihihi, Thunder sering dimanfaatkan untuk penjual bensin eceran, tapi ga masalah buat saya

      Hapus
  4. Bro,salam thunder!!!!,saya juga rider setia thunder,thunder saya tahun 2005 tanpa kick starter,saya kasih fairing motor,kayak minerva 150,thunder kelemahanyya di aki dan pembakaran,switch starter jyga perlu di ganti,kalau tidak akan sulit dihidupkan,kalau punya kick starter itu nggak masalah di waktu repot,kalau gak punya kick starter repot sulit hidupin mesinyya,jadi rawatlah thundermu sepanjang hayat,terimalasih bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini penyakit hanya Aki dan Spul, jika 2 komponen itu sehat Insya Allah motor siap dipecut setiap hari. ;)

      Hapus
  5. Mantav nih bro, jd semakin yakin utk mempunyai Thunder 125, thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap om, saya masih betah sampai sekarang pakai thunder ;)

      Hapus
  6. Thunder saya tahun 2008 cukup awet dan bandel, 2 tahun belakangan ini saya naikkan cc nya saya ganti pakai piston honda tiger plus ganti klepnya jg punua tiger, karbu pakai keihin P28, kampas kopling pakai satria fu jg per kopking pakai satria jg....hasilnya tenaganya melonjak.....sdh pernah dipakai dari jakarta surabaya aman2 saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan yg extrem tapi boleh lah buat referensi thunder saya, salam thunder silver ;)

      Hapus
  7. Maap masbro thunder saya pas jalan mesin mati trs saya cabut kontak dan hidupin bisa nyala lagi tu emang kontak yg rusak ap mesinya .trima kasih ni baru 2 bln pke thnder

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baru asumsi yaom, klo indikator lampur netral (hijau) nyala berarti bukan kontak om, bisa jadi dari wiring/jalur kabel yg lain
      klo punya saya pernah mati sendiri karena lubang hawa tangkinya mampet, jadi cukup buka tutup tangkinya,, nah ini berhasil di motor saya hihihihi

      Hapus
  8. Saya punya tunder kelemahannya pan jalan tanjakan suka ga kuat penyakit nya apa ya padahal kn gir mah ukuran gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti karburator ae ms.king g ngrubah spuyer.apa pe 26./28 merubah.gtu

      Hapus
  9. Sya pgn beli tunder
    Tp perawatanya susah gk yh???
    Pa sma ky vixion...

    BalasHapus
  10. Saya punya thunder dari sejak pembelian ga rewel cuman sekarang kalo di gas slalu di mesin bawah ada suara sreedzzz kira kira apanya trim kpd senior

    BalasHapus
  11. suami sy jg punya Thunder 2008.karbu pe28 goyo jarum spuyer gl neotech klip no.2 kadang d ubah no.3.tarikan galak nnjak oke.irit 1:55.knalpot standar aja.busi merah bata.top speed 120.ws plok,e pnaklah.salam BETUL (BluE ThUnder Lover)!

    BalasHapus
  12. Matantab om sya ini di tawarin thunder 2005 warna hitam dengan harga 1,4 juta minus body aja.
    Saya akan belih setelah melihat cerita ini. Intinya tidak ada motor yg spare partnya abadi yg pasti harus terus di rawat namun jika lebih dalam memahami cerita ini terbukti kalau thunder itu tahan lama ��

    BalasHapus
  13. Sya pun pengendara thunder 125 thn 2005 warna hitam...
    allhamdulilah selama 2thn setengah menggunakanya blm pernah di repotkan oleh mesin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thunder sya thn 2005
      sudah 2 setengah thn menemani sya,allhamdulilah blm prnh di bikin repot oleh mesin atau pun kelistrikan,padahal motor tiap hari saya pacu...

      Hapus
  14. sedikit infonya untk pengendara thunder yg dekat dgn wilayah serpong,jika ingin mencari sparepart thunder,silahkan cari di toko onderdil RODA MAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims infonya om, klo bisa ada ling toko onlinenya om, biar smua bisa cari sparepart lebih mudah,,,mantul

      Hapus
  15. Kalo aki thunder mati/ lemah pengaruh?

    Thunder saya akinya lemah ngaga bisa hidup walau di stater bawah.
    Aki ngaruh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thunder harus dapat suppy DC dari aki om, jadi untuk menyalakan thunder kondisi aki harus prima, coba cek di 2 item saja aki dan spul,,karena kalo salah satunya sdh uzur harus diganti, jurus thunder agar hidup menurut saya cuma itu aja aki dan spul..salam

      Hapus
  16. Bos sayang mau membeli thunder 2,8 juta SS lengkap
    Tpi saya kurang tau bagaimana cara cek mesin nya masih bersih ayo gak

    BalasHapus
  17. Lur klo thunder pake karbu gl kira kira gimana yah apa settingannya lebih mudah ?

    BalasHapus
  18. Mantap Testimoninya...👍
    Salam Thunder dari Surabaya...🙏

    BalasHapus
  19. Bos,mw tanya
    Aki thunder saya sering lemah walaupun diganti dgn yg baru
    Kenapa y
    Trims

    BalasHapus
  20. Bang mau tanya nih motor saya thunder, kalo dipakek jarah jauh sekitar60km sering mati sendiri, itu kenapa ya?? Terus mesin yang panas??, kira" Apa solusinya??

    BalasHapus
  21. Bang mau tanya nih, gimana caranya agar busi gak Cepat hitam(hangus) ??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Safari Cisarua Bogor, wisata seru keluarga

Eksotisnya Pulau Lombok,desa sukarare,desa sade,pantai kuta,pantai senggigi, holiday resort,bukit malimbu,gili trawangan,pantai mangsit